Senin, 26 Maret 2012

Kenalkan, Alat Hemat BBM ala ITS

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
TEMPO.CO , SURABAYA:-- Rencana pemerintah menghadapi kenaikan harga bahan bakar minyak disikapi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan cara khas. Para mahasiswa dan dosen di kampus ini meluncurkan alat penghemat penggunaan BBM pada kendaraan roda empat dan roda dua.

Alat penghemat BBM itu diberi nama ECU IQUT Tech-e. Alat ini berfungsi sebagai karburator mesin kendaraan empat tak.

Menurut Muhammad Nur Yuniarto, dosen pengajar ITS, ECU IQUT Tech-e bisa mengkontrol penggunaan BBM lebih maksimal. Tidak ada istilah ada BBM yang tidak terbakar."Pembakarannya sempurna. Hemat 30 persen dibandingkan menggunakan karburator biasa," kata dia di Gedung Robotika ITS, pada Jumat 16 Maret 2012. " Selama ini, pemakaian BBM boros karena pembakaran mesin di mesin empat tak tidak maksimal"

Yuniarto memaparkan, alat ini juga membuat emisi kendaraan lebih baik sehingga polutan berkurang. Terdiri dari mikroprosessor yang diprogram oleh komputer, alat ini dibuat sejak akhir 2010 bersama sembilan mahasiswa teknis mesin lainnya. "Saat ini kami masih melakukan uji coba seberapa lama umur alat ini jika digunakan untuk kendaraan," ujar dia.

Yuniarto menerangkan alat ini akan dijual kurang lebih sebesar Rp. 3 juta jika nanti menjadi produk jadi yang siap dikomersialkan.

Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta mengatakan produk seperti ini akan mudah diterima pasar. Selama inidia banyak temuan yang kurang diterima pasar."Kami akan mengundang investor agar produk-produk seperti ini bisa dikembangkan," ujarnya.(dm/tempo.co/humasristek)


Ristek

abarky 26 Mar, 2012

noreply@blogger.com (admin) 26 Mar, 2012


-
Source: http://situs-aritkel-terbaru.blogspot.com/2012/03/kenalkan-alat-hemat-bbm-ala-its.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com