Rabu, 18 April 2012

6 Cara Atasi Sindroma Pra Menstruasi

www.up2det.com [imagetag]
Pre Menstruasi Syndrome, atau yang sering di sebut PMS, kerap kali menjadi masalah serius bagi para wanita. Perubahan suasana hati yang menjadikan lebih sensitif terkadang mengganggu mood kerja. Atau juga gangguan- gangguan lain yang selalu mengikuti, seperti rasa mual, kembung, nyeri pada persendian dan yang lainnya. Nah, agar masalah PMS ini tidak mengganggu aktivitas Anda, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. 

1. Lakukan kegiatan santai
"Lakukan segala hal yang dapat membuat Anda merasa lebih santai," kata Ginsburg. PMS ini bersifat individual, jadi Anda dapat menggunakan eksperimen masing- masing untuk menemukan kegiatan apa yang sekiranya dapat menjauhkan dari stres. Tentu ini berbeda paDa setiap orang. Misalnya yoga, meditasi, atau akupunKtur yang dapat memberikan relaksasi pada otot progresif dan latihan pernafasan yang baik.

2. Tidur cukup
Belum dilakukan penelitian mengenai korelasi waktu istirahat dengan efek PMS. Namun biasanya pada kondisi yang leleh, Anda akan menjadi lebih rewel dari biasanya, dan segala sesuatu tampak menjadi buruk, demikian dijelaskan Sonderheimer. Gunakan waktu tidur malam dengan sebaik- baiknya untuk memenuhi kebutuhan jam tidur, bahkan pada akhir pekan sekalipun.

3. Olahraga ringan
Sebuah studi mengatakan bahwa kegiatan berjalan kaki santai dapat mengurangi gangguan PMS, para ahli juga mengatakan jika olahraga dapat mengatasi persoalan ini. "Ini sangat bagus untuk menghilangkan stres, sekaligus melepaskan hormon endofin, sehingga suasana hati menjadi baik," kata Frances Ginsburg, MD, direktur endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Stamford Hospital di Stamford.

"Kebanyakan wanita merasa lebih baik secara keseluruhan ketika mereka berolahraga teratur, Anda dapat memilih jenis olahraga apa saja yang Anda suka."

4. Konsumsi kalsium lebih
Kalsium dan vitamin D terbukti dapat memperbaiki gejala PMS. Untuk itu Anda disarankan untuk mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung keduanya, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, sayuran hijau, atau juga jus jeruk. "Boleh juga menambahkan suplemen agar kebutuhan 1.200 mg kalsium dan 600 unit vitamin D per hari tercukupi," kata  David Plourd, MD, seorang dokter ahli di  San Diego.

5. Makan sumber karbohidrat
Sama halnya dengan kalsium, karbohidrat kompleks juga dapat mengurangi perubahan suasana hati yang biasa terjadi menjelang menstruasi. Roti gandum, pasta, beras merah dan kacang-kacangan adalah sumber karbohidrat yang sangat disarankan. Atau Anda dapat mencoba oatmeal untuk sarapan sebagai pengganti  sereal manis,  atau segenggam kacang kedelai, menggantikan sandwich.

Kurangi juga kadar garam dalam masakan yang dapat membuat perut menjadi kembung. Jika Anda merasa PMS ini membuat suasana cemas, hindari konsumsi kafein.

6. Obat penghilang nyeri
Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID) disebut sebagai obat yang dapat meringankan nyeri payudara, sakit kepala dan sakit punggung, dan mual yang umum terjadi pada saat PMS. Anda dapat meminumnya satu atau dua hari sebelum periode menstruasi. Untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter pribadi Anda, karena obat ini dapat mengakibatkan gangguan pada lambung.  Sumber

Aziz 19 Apr, 2012

noreply@blogger.com (admin) 19 Apr, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/6-cara-atasi-sindroma-pra-menstruasi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com