Selasa, 24 April 2012

Banyak Minuman Dingin Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

www.up2det.com [imagetag]

Segelas air dingin berisi minuman dapat menyegarkan tenggorokan. Minuman yang disajikan dingin memang paling mudah untuk menggoda selera. Namun jika diminum terlalu banyak bisa membuat sakit kepala.


Es merupakan air yang dibekukan dan menjadi padat. Biasanya berbagai minuman yang ingin disajikan dingin akan diberikan es batu. Karena dibuat dari air putih, setelah beku warnanaya juga tetap bening atau transparan. Ukurannya juga tergantung dengan cetakan yang digunakan.

Namun, kebanyakan orang yang mengalami sakit kepala bisa disebabkan karena telah minum minuman atau makanan dingin. Meskipun hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebabmya. Meskipun pada studi sebelumnya telah ditemukan bahwa penderita migrain, akan lebih memungkinkan untuk mengalami pembekuan otak dibandingkan dengan orang yang tidak menderita migrain.

Para peneliti melibatkan 13 responden sehat, mereka diberikan seteguk air es menggunakan sedotan yang ujungnya diletakkan tepat di langit-langit mulut. Responden yang sudah mengalami pembekuan otak setelah menyedot air es langsung mengangkat tangannya.

Untuk menentukan hasilnya, peneliti meonitor aliran darah melalui otak mereka menggunakan proses ultrasoundlike. Peneliti melihat adanya peningkatan aliran darah ke otak melalui pembuluh darah. Peningkatan aliran ini yang menyebabkan rasa sakit karena terjadi pembekuan otak. Jika konsumsinya lebih banyak lagi bisa menyempitkan pembuluh darah.

"Otak merupakan organ penting dalam tubuh dan cukup sensitif terhadap suhu. Khususnya pada minuman atau makanan dingin. Minuman hangat atau bersuhu ruangan bisa menjaga suhu darah tetap hangat dan dipastikan saat mengalir menuju otak akan tetap hangat," ujar Jorge Serrador, dari Harvard Medical School.

Selain bisa membekukan aliran darah diotak, air dingin juga dapat membekukan lemak dalam tubuh dan membekukan usus. Konsumsi minuman dingin setelah makan memang harus dihindari, karena es akan mengikat lemak yang telah dimakan. Anda bisa minum air biasa yang lebih menyehatkan.  Sumber

Aziz 25 Apr, 2012

noreply@blogger.com (admin) 25 Apr, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/banyak-minuman-dingin-bisa-menyebabkan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com