Jumat, 13 April 2012

Cara Selamat Berlibur di Negara yang Tak Berbahasa Inggris

www.up2det.com [imagetag]

Seringnya, Anda kebingungan dengan masalah komunikasi saat berlibur ke negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Jangan kuatir, inilah 4 cara jitu bertahan di negara-negara tersebut.


Berlibur ke negara asing memang menyenangkan. Anda bisa mengenal kebudayaan, datang ke tempat-tempat baru dan mengenal orang-orang baru. Namun ada permasalahan yang bisa dibilang serius ketika warga negara yang Anda kunjungi tidaklah berbahasa Inggris. Berikut 4 tips liburan di negara yang tidak berbahasa Inggris, disusun oleh detikTravel :

1. Kantongi kamus saku


Meski terdengar klise, namun kamus saku sangat berguna saat berada di negara dengan bahasa asing. Sekadar bertanya arah atau tempat memang terdengar sederhana, namun ternyata penting. Daripada pusing harus berbicara dengan bahasa tubuh, lebih baik Anda mencari kalimat-kalimat sederhana dari kamus kecil ini.

Tidak sulit kok membawa kamus ini, bisa dikantongi karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan terlalu tebal. Usahakan membeli kamus ini di negara sendiri, karena tersedia pilihan yang banyak dan tentunya, harganya pun lebih murah. Bagian belakang dari buku panduan wisata yang bagus juga biasanya mencantumkan kalimat sederhana yang bermanfaat.

2. Rajin cek kurs mata uang


Tentu tidak ingin ditipu saat sedang berbelanja oleh-oleh. Maka, rajin-rajinlah mengecek kurs mata uang tempat tujuan liburan Anda. Dengan mengetahui kurs harian, Anda bisa mengira-ngira apakah harga yang ditawarkan masih masuk akal atau malah melangit. Mengecek kurs juga bisa menyelamatkan Anda dari penipuan yang mungkin dilakukan pedagang setempat.

3. Bawa peta


Dibanding bingung bertanya alamat kepada orang lokal karena terbentur perbedaan bahasa, lebih baik melihat peta. Peta wisata juga tidak terlalu repot untuk dibawa serta. Ukurannya yang tipis dan bisa dilipat membuat peta tidak mengambil tempat banyak di tas Anda.

Namun jangan asal memilih peta, carilah yang disertai dengan bahasa Inggris. Saat berkunjung ke Thailand atau China, kendala tulisan bisa jadi masalah yang besar. Carilah peta wisata yang juga mencantumkan nama jalan atau tempat dengan bahasa Inggris.

4. Pelajari kosakata sederhana


Tidak ada salahnya belajar mengucapkan "terima kasih", "tolong" dan "maaf" dalam bahasa setempat. Tanyalah kepada petugas hotel tempat Anda menginap untuk kata-kata sederhana ini. Mengenal kata-kata sederhana ini bisa mencairkan suasana. Penduduk lokal akan senang jika Anda bisa mengucapkan kata-kata tersebut meski dengan terbata-bata. Jangan heran jika mereka bisa jauh lebih ramah, memberi senyum atau bahkan menawarkan harga yang lebih murah. Asyik kan!  Sumber

Aziz 14 Apr, 2012

noreply@blogger.com (admin) 14 Apr, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/cara-selamat-berlibur-di-negara-yang.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com