Minggu, 29 April 2012

Ini Caranya Agar Tak Sakit saat Liburan Bareng Keluarga

www.up2det.com [imagetag]

Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Saat liburan, pastikan kondisi  tubuh tetap prima dan sehat.


"Yang paling utama adalah memastikan konsumsi makanan yang benar dan tetap bergerak aktif secara fisik saat bepergian. Liburan memerlukan perencanaan yang cukup matang," kata Stephanie Pysher pakar nutrisi dan olahraga di Loudoun County Kids' Nutrition & Exercise Examiner seperti dilansir Examiner.com.

Banyak mengkonsumsi junk food dan kurang melakukan aktivitas fisik dapat membuat liburan justu merugikan kesehatan. Berikut adalah beberapa tips agar liburan keluarga tetap menyenangkan dan menyehatkan.

1. Sering beristirahat
Jika bepergian menggunakan kendaraan, banyak waktu dihabiskan untuk duduk. Duduk lama bisa mengakibatkan otot kaku dan pegal-pegal. Seringlah beristiahat apabila merasa capek. Olahaga lintas alam atau berkemah adalah pilihan yang baik karena menggerakkan seluruh otot dan mudah dilakukan seluruh anggota keluarga.

 2. Bawalah makanan ringan yang sehat
Membawa bekal jauh lebih praktis dan hemat dibanding membeli makanan ringan setiap kali berhenti di sepanjang jalan. Buah-buahan seperti jeruk, pear, apel, pisang, kismis dan buah kering lainnya bisa dijadikan bekal. Begitu juga keju, biskuit gandum, sereal kering, dan kacang.

3. Bawa air yang cukup
Jika jarak liburan yang ditempuh cukup jauh, pastikan untuk tetap terhidrasi sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Dehidrasi dapat mempengaruhi kemampuan mental dan konsentrasi.

4. Bawa alat atau benda untuk berolahraga.
Lakukan olahraga favorit keluarga seperti badminton, bola voli, lempar tangkap bola, dll. Permainan ini akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan saat berada jauh dari rumah. Cobalah untuk merencanakan lebih dahulu permainan yang paling menyenangkan sebelum berangkat.

5. Seimbangkan pola makan
Jika di rumah sudah banyak memakan daging, maka waktu liburan adalah saatnya untuk banyak memakan sayuan. Jika banyak memakan sereal di rumah, perbanyaklah makan protein saat liburan. Selain merubah rutinitas, pola ini penting agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap seimbang.  Sumber

Aziz 30 Apr, 2012

admin 30 Apr, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/ini-caranya-agar-tak-sakit-saat-liburan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com