Pernah gak waktu kamu mau pergi ke mall atau  ke pasar swalayan atau mall yang rencananya hanya membeli yang telah kamu tilis  atau inginkan ternyata sampai disana kamu belanja dari apa yang kamu rencanakan  diawal, atau bahkan saat mau ke mall yang rencananya cuman pengen jalan2  ternyata akhirnya belanja? ternyata pengelola mall atau pasar swalayan memiliki  trik khusus untuk pengunjung agar membelanjakan uang mereka lebih dari yang  direncanakan, apakah itu simak fakta-fakta dibawah ini.    
  
  5. Merubah letak  barang-barang secara berkala  
  kamu datang dengan daftar belanjaan… Itulah  yang paling ditakuti para pengelola pasar swalayan. Tp ternyata mereka tidak  kekurangan akal. Rotasi saja letak rak-rak secara berkala. Hal ini akan  membuat  kamu  harus mencari letak barang yang  kamu beli, saat  kamu mencari barang yang  kamu beli tentu saja  kamu juga harus melewati barang-barang lain,  di sinilah pikiran  kamu mulai  memanipulasi  kamu untuk membeli barang  yang tidak  kamu perlukan karena terpengaruh  tulisan "disc" dan "buy 1 get 1"    
  
  4. Memperbesar  budget Kamu  
  kamu datang dengan batasan tertentu "Hari ini  saya Cuma boleh belanja Rp 300.000,00", namun tentu saja  kamu tidak mungkin hanya membawa Rp  300.000,00 kan? Bahkan pada umumnya pembeli juga membawa ATM atau kartu kredit.    
  
  Bagaimana cara memperbesar budget  kamu ? Ternyata mudah.. Gunakan harga yang  tidak pas seperti Rp 12.890,00. Saat kita melihat satu harga seperti ini kita  akan langsung sadar bahwa sebenarnya harganya adalah Rp 13.000, rupiah. Namun  dengan banyaknya barang yang  kamu beli  (dan seringkali untuk satu jenis tidak hanya satu), secara tidak sadar ketika  menjumlahkannya  kamu  akan membulatkannya menjadi Rp 12.000,00. Dan  jangan heran ketika  kamu membayar  kamu kaget karena uang  kamu   menjadi kurang.    
  
  3. Ubin ukuran 30  x 30  
  Mungkin   kamu sudah pernah berkunjung ke Ma**o ataupun Af**, harga mereka  bersaing, pengunjungnya dulu juga banyak, tetapi mengapa mereka merugi?  Jawabannya ada pada ubin mereka. Mereka menggunakan cor semen polos untuk  lantai mereka. Hal ini menyebabkan para pengunjung yang berkunjung secara tidak  sadar berjalan dengan cepat. Berbeda dengan pesaingnya semacam Hyper***, mereka  menggunakan ubin ukuran 30×30, menurut riset inilah ukuran yang paling tepat untuk  membuat para pengunjung memperlambat langkah mereka dan menengok kanan kiri,  para pengunjung akan memperlambat langkah mereka karena mereka secara tidak  sadar mengalami guncangan-guncangan karena roda troli mereka melewati sambungan  ubin.    
  
  2. Tidak semua  kasir aktif  
  Ini juga trik cerdik mereka. Dengan jumlah  kasir yang sedikit akan mulai terjadi antrian, biasanya pengelola pasar  swalayan mempunyai pedoman bahwa panjang antrian harus sejumlah 7-9 orang.  Jumlah antrian ini akan membuat pengunjung merasa pusat perbelanjaan tersebut  adalah pusat perbelanjaan yang ramai. Selain itu sambil mengantri mereka juga  akan melihat-lihat etalase di samping kasir, antrian ini memperbesar  kemungkinan mereka untuk membelinya.    
  
  1. Memajang snack  dan permen di samping kasir  
  Ini trik tercerdik. Para pengelola memasang  snack dan makanan kecil di samping kasir setinggi mata anak balita. Balita yang  ikut mengantri dengan orangtua tentu akan sangat tergoda dan meminta kepada  orangtuanya untuk dibelikan snack tersebut.      Sumber
Aziz 11 Apr, 2012
noreply@blogger.com (admin) 11 Apr, 2012
-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/inilah-cara-swalayan-memaksa-kita.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com