Senin, 30 April 2012

Jangan Lakukan 5 Hal ini saat Diving

www.up2det.com [imagetag]

Salah satu olahraga yang tengah digandrungi masyarakat adalah menyelam atau diving. Jika Anda berminat dan ingin mencoba menyelam, sebaiknya perhatikan 5 hal berikut agar diving tetap aman.


Ada banyak cara untuk menikmati keindahan laut di Indonesia, seperti berenang, berlayar, surfing dan tentu saja diving. Untuk yang terakhir itu, memang cara paling banyak dipilih untuk menikmati alam bawah laut. Anda pun bisa melihat ikan dan terumbu karang aneka warna.

Ternyata, menyelam tidak hanya bisa dilakukan oleh profesional saja, tetapi juga Anda yang pemula. Untuk itu, perhatikan 5 hal berikut saat diving, yang disusun detikTravel :

1. Hindari menyentuh biota laut

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menyelam adalah hindari melakukan kontak langsung dengan biota laut. Jangan pula menyentuh terumbu karang, apalagi jika Anda tidak menggunakan sarung tangan. Selain mengganggu biota, kegiatan menyentuh secara tidak langsung juga bisa merusak biota tersebut.

2. Jangan buat keributan

Saat menyelam, komunikasi sesama penyelam itu sangat penting. Bila rekan sepenyelaman terasa jauh, hindari memanggil dengan membuat kegaduhan seperti memukul tangki oksigen. Kegiatan ini juga bisa menganggu aktivitas dan ketenangan bawah laut. Jadi, cukup lambaikan tangan atau berenang mendekat rekan jika ingin memanggil.

3. Selalu berdekatan dengan rekan

Setiap pemula biasanya selalu ditemani oleh seorang pendamping atau biasa disebut buddy. Selalu berdekatan dengan buddy karena jika Anda menemukan kesulitan, ia akan dengan sigap akan membantu Anda. Selain itu, Anda juga memanfaatkan buddy sebaik-baiknya dengan bertanya jenis biota laut yang ditemukan.

4. Jangan menyelam terlalu dalam

Sebagai pemula, Anda tentu belum mengetahui secara pasti seluk beluk kehidupan bawah laut. Bagaimana kondisi laut juga hewannya di bagian dalam pun belum begitu diketahui. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan menyelam terlalu dalam. Selain itu, semakin dalam Anda menyelam, arus yang harus dihadapi juga semakin kencang.

5. Jangan mengotori laut

Nah, ini dia yang penting untuk dilakukan, jangan mengotori laut. Setelah selesai menyelam biasanya lapar dan haus menyerang. Setelah mencicipi makanan dan puas minum, jangan lempar sampah ke tengah laut, terutama sampah plastik. Sebagai penyelam, Anda harus menjaga keindahan, kelestarian dan kebersihan laut. Sampah yang banyak bertebaran bisa menganggu ekosistem laut. Dampak yang ditimbulkan pun tidak main-main, bisa berakibat kematian biota.  Sumber

Aziz 01 May, 2012

admin 01 May, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/jangan-lakukan-5-hal-ini-saat-diving.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com