Jumat, 11 Mei 2012

10 Cara Kalau Stress Tidak Makan Berlebihan

www.up2det.com [imagetag]

Di dunia ini Anda pasti mengenal dua jenis orang, yang satu berhenti makan saat mengalami stres namun satunya beralih ke makanan penenang ketika merasa tertekan.


Sayangnya, sebagian besar orang justru terperosok ke kategori kedua. Orang-orang ini pun berusaha mendapatkan berbagai makanan penenang yang rasanya enak, creamy dan berlemak yang mungkin bisa saja menyediakan semacam pelipur lara baginya selama beberapa jam. Namun nantinya makanan ini hanya akan menambah stres karena bisa menambah berat badan.

Jika Anda rentan terserang kecenderungan untuk makan karena stres, cek 10 tips untuk menenangkan diri dan melawan hal itu seperti dikutip dari Health24, berikut ini:

1. Buatlah Diari Makanan
Buatlah diari makanan dengan menuliskan berbagai jenis, termasuk jumlah yang Anda makan ketika Anda mengalami stres. Tuliskan juga apa pemicu stres Anda. Hal ini akan membuat Anda tersadar dari kebiasaan buruk itu dan membantu Anda menguranginya di masa depan.

2. Jangan Melewatkan Jam Makan
Makanlah secara teratur dan pilihlah cemilan yang tinggi serat, buah-buahan, sayuran, yoghurt rendah lemak dan keju untuk memecah siklus dimana Anda ingin membuka lemari es dan makan makanan enak namun tak sehat secara terus-menerus.

3. Cari Makanan yang Indeks Glikeminya Rendah
Pastikan sebagian besar karbohidrat yang Anda konsumsi memiliki indeks glikemi (GI) rendah untuk menghasilkan energi yang berkelanjutan. Pasta, beras merah, kacang kering dan ubi jalar merupakan contoh yang baik untuk jenis makanan tersebut. Untuk cemilan, Anda bisa mencoba wortel, stik seledri, brondong jagung (popcorn) tanpa mentega dan kue beras.

4. Siapkan Makanan Sehat di Rumah
Untuk mencegah kebiasaan melampiaskan stres pada makanan tak sehat, sediakan selalu cemilan yang sehat dan lezat di rumah. Misalnya buah segar, telur, biskuit, keju, roti gandum dan yoghurt rendah lemak.

5. Rileks, rileks
Cari tahu apa yang bisa membuat Anda merasa rileks. Bisa jadi jalan-jalan, olahraga di gym, mandi, meditasi, pijat atau menghabiskan waktu dengan pasangan Anda? Lain kali jika Anda merasa stres, alih-alih melampiaskannya ke makanan penenang yang tidak sehat, atasi stres dengan menikmati salah satu kegiatan favorit Anda itu.

6. Hargai Diri Anda
Banyak orang yang memberi penghargaan kepada dirinya sendiri dengan makanan seperti keripik dan kue cokelat. Waspadai apa yang Anda lakukan itu dan carilah alternatif seperti membeli majalah yang bagus atau menonton film di bioskop.

7. Berhenti Khawatir
Tak kunjung berhenti khawatir terhadap berbagai hal yang mungkin terjadi adalah perilaku yang sia-sia. Terkadang ada banyak hal yang berada di luar jangkauan Anda dan tersiksa karenanya takkan menghasilkan apapun.

8. Bergeraklah!
Olahraga teratur mengontrol kadar gula darah Anda, oleh karena itu aktivitas tersebut memiliki tendensi untuk mengurangi selera makan Anda. Jadi lain kali jika Anda ingin makan keripik untuk melampiaskan stres, segera pasang sepatu olahraga Anda dan bergeraklah!

9. Jangan Tenggelamkan Diri Anda
Jika menginginkan sesuatu, Anda boleh saja memilikinya namun usahakan dalam jumlah yang kecil saja. Menenggelamkan diri Anda pada hal-hal tertentu yang menjadi kesukaan Anda, apalagi bila dilakukan selama minimal tiga hari hanya akan membuat Anda ketagihan dan menerima konsekuensi yang merugikan suatu hari nanti.

10. Kenali Diri Anda
Banyak orang yang makan untuk menenangkan dirinya karena merasa tidak layak, kurang percaya diri, pencitraan diri yang rendah, kecemasan, emosinya tersakiti dan sedih. Cari tahu apa penyebab Anda melakukan kebiasaan makan itu dan konsultasikan pada ahlinya jika perlu.
sumber : detik

Aziz Maghfur 12 May, 2012

noreply@blogger.com (admin) 12 May, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/05/10-cara-kalau-stress-tidak-makan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com