Kamis, 03 Mei 2012

Akhir Pekan Besok, Bulan Purnama Terbesar Hiasi Langit !!

www.up2det.com [imagetag]

Akhir pekan ini, seluruh warga di dunia akan disuguhi fenomena menakjubkan. 'Supermoon' akan menghiasi Sabtu (5/5) malam Anda.


Di akhir pekan ini, bulan mencapai tahap purnama dan di saat bersamaan, bulan mencapai jarak terdekat dengan Bumi. "Jarak yang biasanya 384 km dari Bumi ini menjadi 357 km. Hal ini akan membuat bulan tampak 10% lebih besar," kata Profesor Thomas Djamaluddin dari LAPAN saat diwawancara via telepon.

Fenomena ini memiliki nama tersendiri, dari sisi Astrologi, fenomena ini disebut 'Supermoon' namun dari sisi Astronomi, fenomena ini disebut 'Purnama Terdekat' di mana Bulan akan tampak lebih terang dan lebih besar.

Sayangnya, bagi orang awam, fenomena ini tak akan tampak berbeda. "Karena tak ada pembanding, orang awam akan melihatnya biasa saja," katanya. Di sisi lain, meski fenomena ini dapat memicu pasang, pasang yang terjadi tak akan berpotensi membahayakan.

"Pada 'Supermoon' Maret tahun lalu, banyak yang mengaitkan peristiwa ini dengan kejadian tsunami dan gempa, namun faktanya, fenomena ini tak terkait hal tersebut. Purnama Terdekat ini memang bisa menimbulkan pasang, namun tidak berbahaya. Pasang yang terjadi akan berbahaya jika disertai curah hujan yang tinggi," paparnya.  Sumber

Aziz 04 May, 2012

admin 04 May, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/05/akhir-pekan-besok-bulan-purnama.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com