Jumat, 04 Mei 2012

Makan Sambil Minum Bikin Tubuh Kamu Melar

www.up2det.com [imagetag]

Apakah Anda memiliki kebiasaan minum di sela-sela santap makanan? Sejumlah pakar kesehatan memperingatkan bahwa kebiasaan semacam itu bisa mengacaukan sistem pencernaan yang memicu fluktuasi tingkat insulin secara signifikan.

Banyak orang berpikir bahwa makan sambil minum bisa mempercepat proses pencernaan. Nyatanya, melakukan dua aktivitas dalam jeda waktu yang sama justru berpotensi memperburuk proses cerna.

Seorang konselor kesehatan asal India, Shonali Sabherwal, mengatakan bahwa ketika makan, lambung akan melepaskan cairan untuk mencerna makanan. Dan, asupan minum di sela-sela makan justru akan mengurangi produksi cairan cerna tersebut.

Berkurangnya produksi cairan cerna jelas akan membuat proses pencernaan terhambat. Makanan tak akan tercerna dengan sempurna.

Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau dua air selama makan dapat mengganggu pencernaan. "Lebih baik minum sebelum makan atau dua jam setelah makan. Ini sangat membantu penyerapan nutrisi," ujar Sabherwal, dikutip Times of India.

Untuk menghindari minum di sela-sela makan, pilih makanan yang tak meningkatkan hasrat minum. Hindari makan terlalu pedas atau makan. Kunyah makanan dengan baik sebelum menelannya, dan jangan terburu-buru.

Selain sistem pencernaan sehat, tidak minum selama makan juga menunjang terciptanya berat badan ideal.

"Minum air saat makan juga dapat menyebabkan lonjakan tingkat insulin, sama seperti ketika Anda mengonsumsi makanan berkadar glikemik tinggi. Dan semakin banyak insulin yang dilepaskan ke aliran darah, semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak dalam tubuh."  Sumber

Aziz 05 May, 2012

admin 05 May, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/05/makan-sambil-minum-bikin-tubuh-kamu.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com