Jumat, 04 Mei 2012

Memijat Gigi Lebih Ampuh Cegah Gigi Berlubang

www.up2det.com [imagetag]

Menyikat gigi setelah makan adalah pedoman standar agar terhindar dari gigi berlubang. Namun ada metode baru yang disebut-sebut lebih ampuh melindungi gigi dibandingkan menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride. Yaitu, memijat-mijat gigi dengan pasta gigi berfluoride.


"Memijat-mijat gigi dengan pasta gigi berfluoride meningkatkan perlindungan gigi dari kerusakan sebanyak 400%," kata Anna Nordström, PhD, dokter gigi dan peneliti di Akademi Sahlgrenska di Univesity of Gothenburg, Swedia sepeti dilansir Science Daily.

8 tahun yang lalu, sebuah merek baru pasta gigi diluncurkan di Swedia dan mengklaim mengandung fluoride 3 kali lebih banyak dibanding pasta gigi biasa. Produk tersebut tersedia tanpa resep dokter dan ditujukan untuk orang yang berisiko tinggi terkena gigi berlubang.

Para peneliti di Akademi Sahlgrenska University of Gothenburg kemudian melakukan evaluasi ilmiah dari pasta gigi dengan kandungan fluoride yang tinggi ini. Uniknya, penelitian ini justru menemukan metode baru yang dapat meningkatkan perlindungan gigi sebanyak 4 kali lipat lebih tinggi dibanding metode menyikat gigi biasa.

Dalam penelitian yang hasilnya dimuat jurnal Acta Odontologica Scandinavia ini, 16 relawan diminta melakukan berbagai teknik menyikat gigi, baik menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang tinggi atau pasta gigi dengan kandungan fluoride yang standar. Para peserta juga diminta menyikat gigi 2 atau 3 kali sehari.

"Penelitian ini menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang tinggi 3 kali sehari lebih terlindungi 4 kali lipat dibandingkan orang yang menggunakan pasta gigi biasa 2 kali sehari," kata Nordström.

Penelitian ini juga menguji metode baru yang dikembangkan oleh profesor Dowen Birkhed, yaitu menggosok dan memijat-mijat gigi dengan pasta gigi menggunakan jari. Metode pijat ini terbukti sama efektifnya dengan menyikat gigi 3 kali sehari untuk meningkatkan jumlah fluoride yang melapisi gigi.

"Memijat bagian depan gigi dengan pasta gigi bisa menjadi cara yang mudah untuk memperkuat perlindungan fluoride pada siang hari setelah makan siang. Tapi tetap tidak boleh mengganti kebiasaan menyikat dengan pasta gigi berfluoride saat pagi dan sore hari. Metode memijat gigi ini hanya tambahan," kata Nordström.

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride sangat penting untuk mencegah dan mengatasai kerusakan gigi. Berbagai bukti ilmiah yang ada sudah menjelaskan bahwa menggunakan pasta gigi berfluoride setiap hari memiliki efek perlindungan yang nyata. Kandungan fluoride dalam pasta gigi efektif menutup kerusakan-kerusakan pada lapisan terluar gigi yang rentan memicu gigi berlubang.  Sumber

Aziz 05 May, 2012

admin 05 May, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/05/memijat-gigi-lebih-ampuh-cegah-gigi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com