Senin, 11 Juni 2012

Hasil Pertandingan Semalam Euro 2012 Ukrania VS Swedia



Andriy Shevchenko membuktikan dirinya masih memiliki taji sebagai striker kelas wahid. Pemain yang disapa Sheva ini menciptakan dua gol kemenangan Ukraina atas Swedia dengan skor akhir 2-1.
 
Laga pembuka Ukraina selaku tuan rumah dengan Swedia berjalan cukup lamban pada awal babak pertama. Kedua tim masih belum menemukan celah dari lini pertahanan masing-masing lawan. Pemain kunci kedua tim, Zlatan Ibrahimovic dan Andriiy Shevchenko sama-sama mengatur permainan tim.
 
Menit ke-15, Swedia mendapatkan peluang emas, umpan Ibra ke dalam kotak penalti lawan, masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Andriy Pyatov. Bola liar pun gagal dimanfaatkan dengan baik oleh lini depan Swedia.
 
Tuan rumah tak mau kalah dalam menciptakan peluang, melalui serangan balik Sheva mendapatkan kesempatan untuk menciptakan gol Perdana di pertandingan ini. Tapi sayang, tendangannya masih melebar dari gawang Swedia Andreas Isaksson.
 
Memasuki setengah jam pertandingan tepatnya pada menit ke 34, Ukraina mulai bermain panas. Salah satunya dari upaya Voronin yang melakukan tendangan keras dari jarak jauh. Namun Isaksson masih mampu membloknya.
 
Swedia juga mendapat peluang emas dari Ibrahimovic pada menit ke-38. Memanfaatkan umpan dari sayap kanan, Ibra yang berdiri on-side menyundul bola ke arah jauh kiper Pyatov. Tapi dewi fortuna masih belum menggelayuti kubu Swedia, karena sundulan Ibra hanya mentok di tiang gawang.
 
Berbagai peluang yang tercipta di babak pertama ini tak membuat kedua tim berhasil menciptakan gol dan belum menciptakan skor hingga turun minum.
 
Masuk ke interval kedua, permainan kedua tim berbeda dibandingkan di babak pertama. Baik Ukraina dan Swedia langsung bermain terbuka dengan menciptakan sejumlah peluang, meski belum ada gol yang tercipta.
 
Alhasil, Swedia bermain lebih efektif dan mampu membungkam publik tuan rumah lebih dulu dengan menciptakan gol dari Ibrahimovic pada menit ke-52. Ibra melakukan sontekan dengan baik usai memanfaatkan umpan dari Kallstrom. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Swedia.
 
Namun tak lama berselang, tepatnya pada menit ke-55 publik Kiev mulai bersorak ketika Sheva menunjukkan taji sebagai seorang striker tajam. Umpan dari Mellberg mampu dikonversi dengan baik oleh Sheva. Mantan attacante Milan itu memenangkan duel udara dengan Yarmolenko untuk membuat gol penyeimbang. Skor 1-1 untuk kedua tim.
 
Seakan mendapatkan dorongan dari gol pertamanya, Sheva langsung membuat gol kedua setelah memanfaatkan sepak pojok yang dilakukan Konoplyanka, lagi-lagi sundulan dari striker 35 tahun ini berbuah gol. Sekaligus membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah di menit ke-62.
 
Tertinggal, Swedia bermain ekstra menyerang. Beberapa peluang diciptakan Ibra cs untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun, permainan rapat yang dimiliki tim tuan rumah, untuk sementara berhasil meredakan serangan The Blagult,-julukan Swedia.
 
Ibra kembali menciptakan peluang di menit ke 77, tendangan kerasnya dari jarak jauh sempat membuat jantung suporter tuan rumah berdetak keras. Beruntung, Pyatov masih bisa menepis tendangan striker Milan tersebut.
 
Serangan para pemain Swedia semakin deras, berbagai peluang mereka ciptakan. Namun apa daya tatanan rapi dari lini belakang Ukraina terlalu sulit untuk dijebol Ibra cs. Pertandingan berakhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah, sekaligus melambungkan posisi Ukraina sebagai pemuncak klasemen grup D dengan koleksi 3 poin.
 
Susunan Pemain:
Ukraina: 12. A. Pyatov, 17. T. Mykhalyk, 2. Y. Selin, 3. Y. Khacheridi, 9. O. Husyev, 18. S. Nazarenko, 4. A. Tymoshchuk, 19. Y. Konoplyanka (Devic 93’), 7. A. Shevchenko (Milevskiy 81’), 10. A. Voronin (Rotan 85’), 11. A. Yarmolenko
 
Swedia: A. Isaksson, 3. O. Mellberg, 5. Martin Olsson, 4. A. Granqvist, 2. M. Lustig,
9. K. Källström, 6. R. Elm, 20. O. Toivonen (Svensson 62’), 7. S. Larsson (Wilhelmsson 68’), 10. Z. Ibrahimovic, 22. M. Rosenberg (Elmander 71’)


Sumber
http://euro.okezone.com/read/2012/06/12/3/645458/taji-sheva-lambungkan-ukraina