Sabtu, 16 Juni 2012

Hasil Pertandingan Semalam EURO 2012, Yunani VS Rusia



Yunani akhirnya lolos secara dramatis usai mengalahkan Rusia dengan skor 1-0. Kemenangan tim yang berjuluk Ethniki ini sekaligus meloloskan mereka ke babak perempatfinal Euro 2012 Polandia-Ukraina.
 
Hasil ini tak lepas dari kemenangan 1-0 Rep.Ceska atas tuan rumah Polandia. Karena dilihat dari hasil head-to-head antara keempat tim yang telah bertemu di penyisihan grup.
 
Babak Pertama
Partai menentukan bagi kedua tim ini memiliki permainan dengan tempo tinggi sejak menit-menit awal pertandingan. Baik Rusia maupun Yunani, sama-sama memiliki serangan yang sayangnya masih bisa diamankan lini belakang masing-masing.
 
Yunani bermain lebih mengancam, pada menit keempat mereka mendapatkan sepak pojok yang bisa diteruskan dengan baik oleh kaki Konstantinos Katsouranis. Namun, kiper Rusia Vyacheslav Malafeev.
 
Rusia balik mengancam, dua serangan frontal dimiliki tim yang berjuluk Beruang Merah ini. Satu peluang dari Andrey Arshavin dan satu lagi yang terjadi di menit ke-11, di mana Kerzhakov melakukan tendanganfirst time. Sayangnya, masih menjauh ke tiang kiri gawang Michalis Sifakis.
 
Menit ke-15 Rusia kembali mendapatkan peluang emas. Diawali serangan balik dari Arshavin, kemudian pemain Zenit St. Petersburg itu menyodorkan bola ke arah Yuri Zhirkov yang melakukan solo run ke kotak penalti Yunani. Tapi peluang itu hampa, dikala tak ada satupun stirker Beruang Merah yang menyambut umpan Zhirkov. Skor pun tetap tanpa gol.
 
Beruang merah tampil mendominasi lepas pertandingan memasuki 15 menit akhir di babak pertama ini. Bahkan beberapa peluang mampu membuat suporter Rusia berdecak kagum, salah satunya yang diciptakan oleh Zhirkov pada menit ke-38. Kali ini upaya dari eks Chelsea tersebut masih membawa bola tersebut melayang di atas gawang Hellas.
 
Hingga pertandingan memasuki menit akhir babak pertama, Rusia yang bermain lebih mendominasi, belum bisa menjebol gawang Yunani. Justru kejutan dilakukan oleh Yunani pada menit ke-47, di mana Karagounis menciptakan gol di penghujung babak pertama, usai melewati Zhirkov di sisi kiri pertahanan Beruang Merah. Skor 1-0 menutup pertandingan paruh pertama ini.
 
Babak Kedua
 
Memasuki interval kedua Rusia yang tertinggal mencoba meningkatkan daya serang dengan melakukan pergantian pemain, di mana Kerzhakov keluar dan digantikan dengan Roman Pavlyuchenko.
 
Sementara dari segi permainan, baik Yunani dan Rusia langsung tancap gas dengan menciptakan beberapa peluang berbahaya. Tapi beberapa peluang tersebut tak mengubah papan skor.
 
Menit ke-60 Karagounis dijatuhkan di dalam kotak penalti lawan, setelah dia melakukan tusukan ke jantung pertahanan Rusia. Tapi sayang upayanya itu justru hanya membuahkan kartu kuning untuk kapten Yunani tersebut dan memaksa dia harus absen di babak perempatfinal, jika Yunani lolos ke faseknock out.
 
Zhirkov mendapatkan tendangan bebas dari jarak 25 yard. Namun, tiang gawang kini menjadi penghambat Rusia menciptakan gol pertamanya sekaligus gagal mengubah skor menjadi imbang.
 
Tiang gawang menjadi dewa keberuntungan Yunani di kala Beruang Merah terus menggempur pertahanan Ethniki. Kali ini tandukan dari Dzagoev setelah memanfaatkan umpan dari Arshavin hanya membentur tiang kanan penjaga gawang Sifakis. Skor 1-0 masih untuk keunggulan Yunani.
 
Pertandingan semakin sengit dengan diiringi tempo yang tinggi dari kedua kesebelasan. Sehingga menimbulkan emosi tinggi. Namun hingga pertandingan babak kedua usai, tak ada satupun gol tambahan.
 
Skor 1-0 untuk kemenangan Yunani atas Rusia ini, memastikan negeri
1001 dewa ini berhak mendapatkan satu tiket ke babak perempatfinal Euro 2012 sebagai runner up grup A. mendampingi Rep.Ceska yang di saat bersamaan berhasil menyingkirkan tuan rumah Polandia dengan skor 1-0 juga.
 
Susunan pemain:
Yunani (4-2-3-1): 13. M. Sifakis, 15. V. Torosidis, 5. K.
Papadopoulos, 19. S. Papastathopoulos, 2. G. Maniatis, 3. G. Tzavelas, 10. G. Karagounis (Makos 67'), 21. K. Katsouranis, 7. G. Samaras, 17. T. Gekas (Holebas 64’), 14. D. Salpingidis (Ninis 83')
 
Rusia (4-3-3): 16. V. Malafeev, 4. S. Ignashevich, 12. A. Berezutski, 2. A. Anyukov (Izmailov), 5. Y. Zhirkov, 6. R. Shirokov, 7. I.Denisov, 10. A. Arshavin, 22. D. Glushakov (Pogrebnyak 72’), 17. A. Dzagoev, 11. A. Kerzhakov (Pavlyuchenko 46’)


Sumber
http://euro.okezone.com/read/2012/06/17/3/648543/dramatis-yunani-akhirnya-lolos