Minggu, 17 Juni 2012

Hasil Pertandingan Semalam EURO 2012 Portugal VS Belanda

Partai Pamungkas penyisihan grup B menjadi ajang unjuk gigi Cristiano Ronaldo di ajang Euro 2012 ini. Bagaimana tidak, dua golnya mengantarkan Portugal lolos ke babak perempatfinal, sekaligus menyingkirkan Belanda dari ajang empat tahunan ini. Skor akhir 2-1 untuk kemenanganSelecao atas De Oranje.
 
Babak I:
Pada awal babak pertama, tepatnya 10 menit pertandingan berjalan, Belanda mendominasi jalannya pertandingan. Serangan De Oranje ini terfokus pada sayap kanan yang dikomandoi Arjen Robben.
 
Gol yang ditunggu-tunggu publik Oranje akhirnya datang juga, setelah tendangan keras Rafael van der Vaart berhasil membobol gawang Rui Patricio. Gol yang terjadi pada menit ke-11 ini merupakan hasil dari operan Robben.
 
Portugal tersengat, mereka pun langsung berupaya mencetak gol. Seperti upaya Ronaldo yang masih menyamping di sisi kanan Martin Stekelenburg. Selain itu, peluang dari Helder Postiga masih bisa diblok oleh lini belakang Belanda.
 
Tak hanya itu, Portugal juga mendapatkan peluang dari kepala Ronaldo, yang berhasil memanfaatkan umpan matang dari Luiz Nani. Tapi penyelamatan terbaik dilakukan Stekeleburg dengan menepis bola sundulan dari CR7.
 
Portugal akhirnya membalas, Ronaldo yang belum pernah menciptakan gol di Euro ini. Dia mengakhiri kemandulannya dengan mencetak gol penyeimbang di menit ke-28. Setelah mendapatkan umpan terobosan dari Joao Pereira, Ronaldo kali ini dengan dingin menaklukan Stekelenburg.
 
Setelah keadaan imbang, Belanda terkurung dengan agresifitas yang dilakukan Portugal. Hingga dalam beberapa menit, Selecao menciptakan peluang bertubi-tubi ke jantung pertahanan Belanda. Namun hingga memasuki menit 45, kedua tim enggan menambah gol, sehingga kedudukan tetap 1-1.
 
Babak Kedua:
 
Permainan kedua tim di babak kedua agak menurun temponya. Justru pemain dari kedua kesebelasan lebih cenderung bermain keras menjurus kasar, sehingga tak jarang wasit Italia Nicola Rizzoli meniup peluit tanda pelanggaran.
 
Postiga sebenarnya berhasil mencetak gol untuk Portugal pada menit ke-59, setelah memanfaatkan umpan dari Ronaldo. Tapi sayang gol tersebut dianulir, akibat Postiga sudah dalam keadaan off-side.
 
Stekelenburg kembali melakukan penyelamatan gemilang, usai menepis tendangan keras dari Fabio Contreao. Upaya Contreao ini berawal dari serangan balik yang dilakukan oleh Ronaldo.
 
CR7 benar-benar sedang on-fire di pertandingan yang berlangsung di Metalist Stadium, pemain Real Madrid ini kembali mencetak gol. Tepatnya pada menit ke-74, dia berhasil memanfaatkan umpan terukur Nani, untuk menciptakan gol kedua bagi Portugal yang praktis membuat tim selecao itu unggul 2-1 atas Belanda.
 
Belanda yang bermain dengan tiga bek, berupaya menciptakan gol penyeimbang. Salah satu ancaman berbahaya diciptakan oleh Van der Vaart, yang melepaskan tendangan kerasnya, sayang bola tersebut lebih memilih untuk membentur tiang gawang. Hingga selamatlah gawang Portugal.
 
Upaya Belanda dalam menyamakan kedudukan tak kunjung datang. Hingga memasuki menit akhir, Portugal tetap menjaga keunggulannya. Sekaligus menyingkirkan Belanda dari Euro 2012.
 
Susunan Pemain:
Portugal (4-3-3): 12. Rui Patrício, 3. Pepe, 2. Bruno Alves, 5. Fábio Coentrão, 21. Joao Pereira, 16. Raul Meireles (Custodio 72’), 17. Nani ( Rolando 87"), 4. Miguel Veloso, 8. Joao Moutinho, 7. Cristiano Ronaldo, 23. Hélder Postiga (Olivera 64’)
 
Belanda (4-2-3-1): 1. M. Stekelenburg, 4. J. Mathijsen, 13. R. Vlaar, 2. G. van der Wiel, 15. J. Willems (Affelay 67’), 11. A. Robben, 10. W. Sneijder, 23. R. van der Vaart, 8. N. de Jong, 16. R. van Persie, 9. K. Huntelaar


Sumber
http://euro.okezone.com/read/2012/06/18/546/648861/ronaldo-on-fire-belanda-angkat-koper