Selasa, 19 Juni 2012

Hasil Pertandingan Semalam EURO 2012 Inggris vs Ukraina

Inggris vs Ukraina: Diwarnai Gol Hantu

Inggris akhirnya berhasil lolos ke babak 8 besar Euro 2012, setelah mengalahkan Ukraina dengan skor 1-0, di laga terakhir penyisihan grup D Euro 2012, yang digelar di Donbass Arena, Rabu (20/6/2012) dinihari Wib. Gol tunggal kemenangan Inggris di pertandingan itu lahir dari sundulan Wayne Rooney di menit ke-48.

Rooney yang baru terbebas dari hukuman larangan bertanding, ditampilkan oleh pelatih Roy Hodgson sejak menit awal pertandingan. Penyerang Manchester United itu diduetkan dengan rekan seklubnya, Danny Welbeck.

Sayangnya meski sudah memainkan Rooney, Inggris justru tampil melempem di awal laga. Sebaliknya Ukraina yang tampil tanpa Andriy Shevchenko, justru berkali-kali menekan pertahanan Inggris. Sayangnya

Namun duet Yevhen Konoplyanka dan Marko Devic di lini depan Ukraina, gagal memaksimalkan sejumlah peluang yang diraih. Hingga 30 menit pertandingan berjalan, Ukraina terus menekan pertahanan Inggris.

Di sisi lain Wayne Rooney dkk lebih banyak menunggu ketimbang berinisiatif membangun serangan. Kalaupun ada serangan yang dibangun pemain Inggris, semuanya berhasil diredam lini belakang Ukraina. Alhasil hingga akhir babak pertama, skor tetap imbang 0-0.

Di awal babak kedua Inggris mengubah taktik. Mereka mencoba meningkatkan tekanan. Hasilnya baru tiga menit babak kedua dimulai, Inggris berhasil membobol gawang Ukraina lewat gol yang dicetak oleh Wayne Rooney.

Gol itu berawal dari umpan tendangan sudut yang diambil oleh Ashley Young. Bola berhasil disapu oleh pemain Ukraina, namun kembali jatuh ke kaki Steven Gerrard.

Pemain Liverpool itu kemudian kembali mengirim umpan lambung ke kotak penalti. Bola tendangan Gerrard gagal ditangkap penjaga gawang Ukraina. Akibatnya Rooney yang berdiri bebas, dengan leluasa menyundul bola ke gawang Ukraina yang sudah kosong. Gol ini sekaligus menjadi gol pertama bagi Wayne Rooney di ajang Euro 2012.

Tertinggal 1-0 membuat Ukraina takmau kalah. Mereka ikut meningkatkan serangannya. Di menit ke-62 terjadi peristiwa kontroversial. Sebuah bola tendangan pemain Ukraina tidak disahkan menjadi gol oleh wasit, meski bola telah melewati garis gawang.

Kejadian itu berawal dari serangan balik yang dilakukan para pemain Ukraina. Artem Milevskiy mengirim umpan kepada Marko Devic, dan striker Ukraina itu berhasil lolos dari jebakan offside. Devic kemudian menggiring bola ke lini pertahanan Inggris.

Meski dikawal oleh dua pemain belakang Inggris, Devic tetap bisa melepaskan tendangan keras ke gawang Joe Hart. Bola sempat membentur mistar gawang, namun tetap jatuh melewati garis gawang.

Dari tayangan ulang, bola sempat melewati garis gawang, namun lantas ditendang keluar oleh John Terry. Sayangnya wasit sama sekali tidak mengesahkan gol tersebut, termasuk asisten wasit yang berdiri di dekat gawang. Hingga akhir pertandingan, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Inggris. Dengan hasil ini, Inggris berhasil keluar sebagai juara grup D, dan akan menghadapi Italia di babak 8 besar.

Susunan pemain kedua tim:

Inggris: Joe Hart, Glen Johnson, Ashley Cole, John Terry, Joleon Lescott, Steven Gerrard, James Milner, Scott Parker, Wayne Rooney, Ashley Young, Danny Welbeck

Cadangan: Jermain Defoe, Jack Butland, Robert Green, Alex Oxlade-Chamberlain, Andy Carroll, Phil Jones, Theo Walcott, Jordan Henderson,

Stewart Downing, Phil Jagielka, Leighton Baines, Martin Kelly

Ukraina: Andriy Pyatov, Yevgen Selin, Yevhen Khacheridi, Yaroslav Rakitskiy, Anatoliy Tymoshchuk, Denis Garmash, Oleg Gusev, Andriy Yarmolenko, Artem Milevskiy, Yevhen Konoplyanka, Marko Devic

Cadangan: Taras Mikhalik, Oleksandr Aliyev, Maxim Koval, Andrey Voronin, Ruslan Rotan, Bohdan Butko, Oleksandr Goryainov, Olexandr Kucher, Evgen Seleznev, Andriy Shevchenko, Serhiy Nazarenko, Viacheslav Shevchuk

Sumber
http://www.tribunnews.com/2012/06/20/inggris-vs-ukraina-diwarnai-gol-hantu-inggris-menang-1-0