Rabu, 27 Juni 2012

Hasil Pertandingan Semalam EURO 2012 Spanyol VS Portugal

Keberentungan memihak Spanyol. Lewat drama adu penalti, Tim Matador akhirnya berhasil melaju ke partai final Euro 2012. Xavi Hernandez dkk menang dengan skor 4-2 (0-0).

Dalam pertandingan yang Donbass Arena, Kamis (28/6/2012) dini hari WIB, pelatih Portugal Paulo Bento mempercayakan Hugo Almeida sebagai juru gedor didampingi oleh Cristiano Ronaldo dan Luis Nani.

Sedangkan Spanyol, entrenador Vicente Del Bosque secara mengejutkan untuk pertama kalinya memainkan Alvaro Negredo di Euro 2012. Negredo mendapatkan bantuan dari Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan David Silva.

Babak Pertama
Jual beli serangan terjadi sejak wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniup tanda dimulainya pertandingan. Menit sembilan, Spanyol mendapatkan sebuah kesempatan lewatn Sergio Busquets. Sayang, tendangan gelandang Barcelona itu masih melambung dari gawang Rui Patricio.

Pada menit 24, giliran Portugal yang mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Bintang Real Madrid itu melepaskan sebuah tendangan voli yang sangat keras, tapi masih melambung dari gawang Iker Casillas.

Kerja sama tiki-taka yang menjadi andalan Spanyol, terlihat begitu padu di babak pertama. Berawal dari umpan Negredo kepada Xavi, yang meneruskan umpan ke Iniesta. Sayang, tendangan Iniesta masih melambung dari gawang Portugal.

Seleccao das Quinas (julukan Portugal) tidak mau kalah. Pada menit 31, kerja sama manis Moutinho dan Perreira juga membuka ruang untuk melakukan sepakan dari luar kotak penalti, yang masih menyamping dari gawang Casillas.

Penguasaan bola memang kembali dikuasai Spanyol sepanjang babak pertama. Tapi, Portugal tidak mau kalah dan berani melakukan serangan. Sayang, skor tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua
Pada interval kedua, Del Bosque seperti kecewa dengan kontribusi Negredo. Dia memutuskan untuk menggantikannya dengan Cesc Fabregas, yang kembali diandalkan untuk menjadi penyerang.

Serangan balik cepat yang diperagakan Portugal kembali mendapatkan sebuah kesempatan. Pada menit 58, lewat sebuah serangan balik cepat Almeida mendapatkan bola dan langsung melakukan tendangan, yang masih tidak tepat sasaran.

Spanyol mendapatkan tendangan ke arah gawang pertama kali di pertandingan ini, setelah Xavi berusaha untuk melepaskan sebuah tendangan pada menit 68. Sayang, tendangannya masih tepat dipelukan Patricio.

Enam menit kemudian, giliran Ronaldo mempunyai peluang untuk membobol gawang Spanyol lewat tendangan bebas. Namun, sepakan pemain termahal dunia ini masih melambung dari gawang Casillas.

Portugal kembali membuang kesempatan. Lewat sebuah serangan balik, Ronaldo kembali mendapatkan sebuah peluang untuk mencetak gol. Lagi-lagi, tendangan mantan pemain Manchester United itu masih melambung dari gawang Casillas. Skor tanpa gol bertahan hingga habis dan dilanjutkan hingga babak ekstra time.

Ekstra Time
Pada pertandingan ekstra time pertama, terlihat Spanyol mulai mendominasi pertandingan. Pada menit 104, Tim Matador kembali mendapatkan kesempatan. Sayang, tendangan first time Iniesta masih dapat dihentikan Patricio.

Menjelang ekstra time pertama berakhir, Spanyol kembali mendapatkan sebuah kesempatan emas lewat tendangan bebas Sergio Ramos. Namun, tendangannya masih melambung dari gawang Portugal. Pertandingan berlanjut ke ekstra time kedua.

Spanyol kembali mengendalikan permainan. Namun, Portugal berusaha untuk menambah kekuatan lini tengah dengan memainkan Custodio dan Varrella untuk menambah data dobrak. Namun, Tim Matador kembali mendapatkan peluang untuk menghasilkan gol.

Pada menit 115, pemain pengganti Jesus Navas berusaha untuk melepaskan tendangan mendatar keras. Tapi, Patricio dan kembali masih bisa mengamankan gawangnya. Skor tanpa gol bertahan dan berlanjut ke tendangan penalti.

Eksekusi penalti
Spanyol: Alonso (Gagal), Iniesta (masuk) Pique (masuk) Ramos (masuk) Fabregas (masuk)
Portugal: Moutinho (Gagal) Pepe (masuk) Nani (masuk) Alves (gagal)

Sumber
http://euro.okezone.com/read/2012/06/26/545/653596/hadapi-jerman-chiellini-optimistis-fit