Sabtu, 09 Juni 2012

Hasil Pertandingan EURO 2012 Semalam Jerman VS Portugal


Mario Gomez menjadi pahlawan kemenangan Jerman saat gol semata wayangnya sukses membawa Tim Panser menekuk Portugal 1-0. Gol Gomez dicetak lewat sundulan pada menit ke-72.

Dengan kemenangan ini, Jerman bersama Denmark sama-sama mengemas tiga angka di Grup B. Baik Tim Panser maupun Tim Dinamit mengemas kemenangan 1-0 atas lawan-lawannya.

Babak Pertama
Baru dua menit laga berjalan, Jerman sudah mendapat peluang saat sundulan Mario Gomez memanfaatkan umpan silang Jerome Boateng mengarah tepat ke gawang Portugal. Beruntung, penjaga gawang Rui Patricio masih sigap menahan bola.

Setelah saling jual beli serangan di lima menit awal, Tim Panser mulai mendominasi penguasaan bola. Portugal dipaksa hanya mengandalkan serangan balik.

Pada menit kesembilan, Jerman kembali mendapat peluang. Lagi-lagi berawal dari sisi kanan saat umpan silang mendatar Boateng yang mengarah ke tepi kotak penalti Portugal berhasil diterima Podolski.

Podolski yang datang dari sisi kiri lantas melesakkan tendangan keras ke tiang dekat. Untungnya, kiper Rui Patricio kembali sigap menyelamatkan gawangnya.

Cristiano Ronaldo beraksi pada menit ke-16. Meliuk-liuk di sisi kiri, CR7 berhasil memperdaya Boateng sebelum melepaskan umpan silang mendatar yang sayangnya gagal disambut Nani.

Podolski tampaknya menjadi ancaman terbesar Seleccao di babak pertama ini. Penyerang Arsenal tersebut berdiri bebas di kotak penalti Portugal saat menerima sodoran dari Mesut Oezil tetapi sayang tendangan voli kaki kirinya masih melambung jauh.

Kreasi Oezil memang kurang terlihat, begitu pula dengan tusukan dari Thomas Mueller. Pertahanan Portugal masih terkoordinasi dengan baik di babak pertama ini.

Pendukung Jerman nyaris bersorak saat Mueller hampir menjebol gawang Portugal andai tembakannya tidak melebar tipis. Menjelang babak pertama usai, ganti giliran pendukung Portugal yang hampir merayakan gol jika saja tendangan Pepe yang mengenai mistar dan memantul keluar telah melewati garis gawang.

Babak Kedua
Usai jeda, pertandingan langsung digelar dalam tempo yang cepat. Kedua tim silih berganti melakukan serangan di mana Portugal lebih berani keluar menyerang.

Duel Real Madrid antara Sami Khedira dan Mesut Oezil di kubu Jerman dengan Pepe, Cristiano Ronaldo, plus Fabio Coentrao di pihak Portugal masih alot. Hingga 15 menit pertama babak kedua, baik Jerman maupun Portugal belum melakukan pergantian pemain.

Pada menit ke-63, Boateng melakukan tekel brilian terhadap Ronaldo di dalam kotak penalti Jerman. Ronaldo yang berdiri bebas menyongsong bola terbosan Joao Moutinho gagal menuntaskan peluang setelah keburu dijegal Boateng.

Penyelesaian akhir kedua tim, terutama Jerman, memang terbilang buruk di laga ini. Berkali-kali peluang didapat tetapi berkali-kali pula mereka membuangnya.

Pada menit ke-72, Jerman akhirnya unggul. Di saat Mario Gomez akan diganti Miroslav Klose, Super Mario secara brilian berhasil lepas dari kawalan Pepe dan menyundul bola hasil umpan silang Sami Khedira dari sisi kanan.

Sundulan Gomez tak mampu ditepis Rui Patricio di tiang jauh sehingga gawang Portugal pun akhirnya jebol. Pendukung Tim Panser bersorak kegirangan merayakan gol ini. 1-0 Jerman memimpin.

Setelah nyaris menambah keunggulan pada menit ke-79, Super Mario benar-benar diganti Klose pada menit ke-80. Istimewanya, pada hari ini Klose berulang tahun yang ke-34.

Portugal tak ingin menyerah begitu saja. Ronaldo mencoba membalas pada menit ke-82 tetapi tendangan jarak jauhnya masih bisa dihalau Manuel Neuer.

Portugal sepertinya kurang beruntung setelah untuk kali kedua bola membentur mistar, kali ini melalui umpan silang Nani. Pada menit ke-88, Portugal mendapat peluang terbaiknya di pertandingan tersebut setelah pemain pengganti Silvestre Varela tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer.

Namun, Neuer secara luar biasa masih bisa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Dewi fortuna lagi-lagi belum berpihak kepada Portugal saat tendangan Nani yang berdiri bebas di dalam kotak penalti masih membentur pemain Jerman.

Susunan Pemain
Jerman (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 20-Jerome Boateng, 5-Mats Hummels, 14-Holger Badstuber, 21-Philipp Lahm (c); 7-Bastian Schweisnteiger, 6-Semi Khedira; 13-Thomas Mueller (15-Lars Bender 94’), 8-Mesut Oezil (18-Toni Kroos 87’), 10-Lukas Podolski; 23-Mario Gomez (11-Miroslav Klose 80’).

Portugal (4-3-3): 12-Rui Patricio; 21-Joao Pereira, 3-Pepe, 2-Bruno Alves, 5-Fabio Coentrao; 8-Joao Moutinho, 4-Miguel Veloso, 16-Raul Meireles (18-Silvestre Varela 80’); 17-Nani, 23-Helder Postiga (11-Nelson Oliviera 70’), 7-Cristiano Ronaldo (c).

Baca Juga Hasil Pertandingan Euro 2012 Semalam Belanda VS Denmark