Selasa, 24 April 2012

5 Hal Pemicu Gagalnya Hubungan

www.up2det.com [imagetag]

Hubungan asmara berakhir karena banyak alasan. Kadang-kadang bukan karena perselingkuhan, tapi bisa juga akibat pasangan yang terus menerus mengeluh atau perbedaan yang tak dapat didamaikan.


Perpecahan pun bisa dipicu salah satu pasangan berpikir tak mendapat dukungan atau tak pernah didengarkan mitranya. Seiring waktu, kepercayaan dan cinta mulai memudar, sehingga bila ada perilaku yang tak menyenangkan lebih mudah untuk mengakhiri sebuah hubungan.

Dr. Seth Meyers, seorang psikolog dan pembawa acara The Early Show mengatakan ada lima hal yang bisa merusak hubungan, seperti dikutip Betty Confidential:

1. Reaksi Berlebihan

"Ketika pasangan Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa marah, sedih atau tidak aman, cobalah untuk bereaksi tak berlebihan atau mendengarkan pasangan tanpa menginterupsinya," kata Dr Seth.

Dia menyarankan daripada bertengkar, luangkan waktu untuk mendinginkan pikiran dan memikirkan apa yang terjadi. Lalu, bicarakan baik-baik mengenai hal itu.

2. Mengomel

Semua tahu, omelan bisa mengganggu pasangan dan mendorong hubungan hingga ke batasnya. "Saat bertengkar dengan pasangan, bersikap selalu menasehati seperti ibu dengan mengomel tidak akan memperbaiki situasi dan membuat kalian lebih dekat. Itu hanya akan mendorong pasangan Anda makin jauh."

Dia menyarankan, bila Anda adalah seorang yang cerewet, perlu memperbaiki komunikasi dan cara berbicara Anda dengan pasangan.

3. Ketidakamanan

"Pria dan wanita keduanya menginginkan hal yang sama, seseorang percaya diri dan kuat, bukan seorang yang perlu diyakinkan terus menerus seperti anak kecil," kata Dr Seth.

Dia mengatakan, tak ada satupun pasangan yang ingin mengurusi pasangan layaknya mengurusi pasien. "Jika bersikap begitu, akan mendorong mereka menjauh dari Anda," kata Dr Seth.

Sebaliknya, ia menyarankan  agar keluar dari tempurung dan tulis daftar yang membuat Anda merasa tak aman, seperti masalah berat badan, khawatir hilang daya tarik, dan carilah bantuan untuk mengatasinya bersama-sama. Anda bisa berkonsultasi pada ahli untuk mencari penyebab dan menghilangkan rasa tak aman.

4. Terlalu Tergantung

Dr Seth mengatakan, sebaiknya kaji kembali waktu yang dihabiskan bersama pasangan. Kalian tak perlu menghabiskan waktu selalu bersama. Lakukan kegiatan Anda sendiri seperti ke pusat kebugaran, atau mengikuti aktivitas yang Anda senangi.

Jangan menjadikan pasangan sebagai "pusat" hidup. Anda takkan menjadi orang yang bebas dan malah membuat mereka jengah dan menjauh.

5. Perilaku Kompulsif

Berbelanja berlebihan, penggunaan minuman beralkohol dan narkoba atau terlalu sering di luar akan membuat pasangan merasa cemas dan memengaruhi stabilitas hubungan. Bila dia merasa tertekan, akan membuatnya merasa lebih baik mengakhiri hubungan yang berpotensi membahayakannya.

Dr Seth menyarankan untuk segera mengatasi perilaku kompulsif. "Perilaku berlebihan harus dihentikan. Anda bisa meminta pasangan untuk membantu Anda menghentikannya dalam beberapa tahap," ujar Dr Seth.  Sumber

Aziz 25 Apr, 2012

noreply@blogger.com (admin) 25 Apr, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/5-hal-pemicu-gagalnya-hubungan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com