Senin, 23 April 2012

Gaya Menulis Email Tunjukkan Kepribadian Kamu

www.up2det.com [imagetag]

Pernahkah Anda memerhatikan bagaimana gaya Anda menulis sebuah e-mail? Untuk e-mail formal, mungkin sudah ada ketentuan tertentu yang membatasi Anda, namun coba perhatikan saat menulis e-mail yang lebih casual. Ada ciri khusus yang membedakan gaya penulisan Anda dengan orang lain, dan ini bisa menunjukkan pribadi Anda pada orang yang membaca e-mail tersebut.

Seperti diberitakan medindia, Frank McAndrew dari Knox College di Galesburg Illinois bersama rekan kerjanya ingin mengungkap tentang hal ini. Mereka menanyai 166 lulusan S1 untuk membaca e-mail dengan gaya penulisan dan tata bahasa yang diatur berbeda-beda. Para peneliti juga memasukkan lebih dari lima tanda seru dan tanda tanya ke dalam teks e-mail yang panjangnya sekitar 80 kata itu. Para partisipan kemudian diminta untuk memberi rating tingkat emosional dari e-mail tersebut dan menebak jenis kelamin penulisnya.

Hasilnya, e-mail dengan kesalahan penulisan yang terlalu banyak, atau dengan tanda baca yang berlebihan memberi asumsi penulisnya apatis, cuek, dan tidak peduli dengan sekitarnya. Semakin banyak kesalahan penulisan, diyakini orang tersebut semakin apatis.

Jika sering menggunakan kata ganti orang ketiga, diikuti dengan penggunaan tanda tanya yang berlebihan, maka penulis e-mail itu mudah marah. Dengan kata lain, mereka memiliki tingkat emosional yang tinggi. Sebaliknya, jika seseorang suka menceritakan dari sudut pandang orang pertama (saya), dan menggunakan banyak tanda seru dalam e-mailnya, pembaca e-mail akan berasumsi dia adalah feminin dan pribadi yang bahagia. Dituturkan McAndrew pada Live Science, tanda baca yang digunakan seseorang untuk memberikan nada pada e-mailnya, jika digabungkan dengan sudut pandang ketika menuturkan sesuatu akan menggambarkan pribadi seseorang dalam e-mail yang ditulisnya.

Wow.. Ternyata sejauh itu sebuah e-mail bisa menguak kepribadian Anda. Jika sebelumnya Anda tidak pernah memerhatikan hal-hal tersebut, coba amati mulai sekarang. Amati pula e-mail-e-mail yang Anda terima dari orang yang Anda kenal, dan coba amati bagaimana pribadi mereka dari e-mailnya.  Sumber

Aziz 23 Apr, 2012

noreply@blogger.com (admin) 23 Apr, 2012


-
Source: http://aneh-o-aneh.blogspot.com/2012/04/gaya-menulis-email-tunjukkan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com