Jumat, 29 Juni 2012

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Uang

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Uang. Sebelum lebih jauh mempelajari Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang, maka untuk memudahkan kita mempelajarinya, kita harus memahami apa itu Uang.
Secara sederhana uang adalah sesuatu yang dapat diterima oleh masyarakat umum sebagai alat pembayaran dan alat tukar menukar yang sah.
Berdasarkan nilainya, Uang dapat dibedakan menjadi dua antara lain : Nilai Nominal, merupakan nilai yang tertulis pada setiap mata uang. Misalnya, disalah satu sisi uang logam tertulis Rp.1.000,00 maka nilai nominal uang tersebut ialah Rp.1.000,00. Kedua; Nilai Intrinsik, merupakan nilai uang yang diukur dari bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Misalnya, nilai intrinsik uang kertas Rp.20.000,00 ialah nilai kertas yang digunakan dalam pembuatan uang tersebut.


Permintaan Uang adalah jumlah uang yang diinginkan masyarakat dalam suatu perekonomian.

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Uang

  1. Kekayaan dari masyarakat
  2. Tersedianya fasilitas kredit
  3. Kepastian tentang pendapatan yang diharapkan
  4. Harapan tentang harga
  5. Tersedianya beberapa alternatif bentuk kekayaan
  6. Sistem atau cara pembayaran yang berlaku.
Permintaan Barang adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa setiap orang tidaklah sama, karena masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan Barang/Jasa

  1. Harga barang;
    Jika harga makin tinggi maka permintaan makin rendah dan begitu sebaliknya jika harga barang rendah maka permintaan akan barang tersebut makin tinggi.
  2. Pendapatan masyarakat;
    Makin tinggi pendapatan seseorang maka makin besar daya beli yang ia miliki, sehingga permintaan akan barang dan jasa pun meningkat, dan begitu sebaliknya jika orang berpenghasilan rendah maka pemintaan akan barang dan jasa pun akan menurun.
  3. Selera masyarakat;
    Jika selera masyarakat meningkat maka permintaan pun meningkat pula, dan sebaliknya. Selera masyarakat sering disebut mode atau tren.
  4. Kualitas barang;
    Makin tinggi kualitas suatu barang maka keinginan (permintaan) orang untuk dapat memiliki barang tersebut makin besar.
  5. Harga barang lain yang berkaitan;
    Harga barang lain yang dimaksud ini adalah barang substitusi. Yaitu barang pengganti yang sama fungsinya dengan barang yang dibutuhkan.
  6. Waktu;
    Pada waktu-waktu tertentu permintaan terhadap barang dan jasa bisa meningkat dari pada hari-hari bisa, seperti pada saat lebaran atau hari-hari besar/istimewa yang lain.
  7. Jumlah penduduk;
    Makin besar jumlah penduduk maka makin besar pula permintaan terhadap barang dan jasa, dan sebaliknya.
  8. Kejadian yang akan datang;
    Isu sering kali dikembangkan untuk mempengaruhi permintaan agar dapat meningkat, seperti adanya berita tentang kenaikan BBM, kenaikan sembako dll.
Penawaran Uang adalah jumlah semua uang yang beredar dalam suatu perekonomian.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang

  1. Tinggi rendahnya tingkat bunga
  2. Tingkat pendapatan masyarakat
  3. Jumlah penduduk
  4. Keadaan letak geografis
  5. Struktur ekonomi masyarakat
  6. Penguasaan IPTEK penduduk
  7. Globalisasi ekonomi
Itulah sedikit penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang yang disadur dari berbagai sumber di internet.
Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua, khususnya bagi Anda yang sedang mendapatkan tugas kuliah ekonomi seperti membuat makalah ekonomi tentang faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang dan/atau skripsi tentang pengaruh permintaan dan penawaran uang.

Sumber
http://duniabaca.com/faktor-yang-mempengaruhi-permintaan-dan-penawaran-uang.html